Memahami Istilah Casting dan Shooting dalam Dunia Film

Memahami Istilah Casting dan Shooting dalam Dunia Film

Hai Sobat Zenza, salam bertemu kembali di artikel bermanfaat ini. Semoga bisa menambah wawasan kamu ya.

Zenzacinema.com menerima pendaftaran profile untuk casting hampir 100 formulir setiap harinya. Banyak kesalahpahaman atau ketidakpahaman dari calon-calon talent yang mendaftar. Di antara banyak ketidakpahaman tersebut, yang paling sering di salah artikan adalah, ketika sudah mengisi form daftar casting seolah-olah sudah diterima dan siap untuk shooting.

Nah, untuk itu zenza akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan antara casting dan shooting. Biar jadi tahu dan tidak salah mengerti nantinya. Okey!

Casting ! Apa itu casting?

Casting adalah Proses pemilihan pemain sesuai dengan karakter dan peran yang diperlukan oleh cerita. Pekerjaan ini menjadi tanggung jawab casting departement, tetapi biasanya sutradara terlibat penuh dalam proses ini. Rencana casting, pada umumnya, telah diumumkan sebelumnya kepada publik atau agen sehingga para aktor dapat mempelajari skenario lalu mempersiapkan adegan yang akan ditampilkan untuk dinilai.

Beberapa metode yang di gunakan oleh casting management bertujuan untuk menentukan calon pemain terbaik yang nantinya memiliki peran penting dalam sebuah film. Kadang casting di lakukan oleh sutradara untuk memilih pemain berdasarkan kecocokan fisiknya.

Siapa yang melaksanakan Casting? antara lain :

  • PH atau Production House
  • Casting Management
  • Sutradara
  • Director Casting
  • Talent Management/Koordinator

Shoot / Shooting!. Apa itu?

Shoot / Shooting adalah proses pengambilan gambar yang di mulai dimulai dari video recorder start/tape roll/film roll hingga video recorder stop/tape off/cut. Pada video Komposisi camera dimulai dengan indicator tally light on (lampu on) hingga tally light off (lampu off) . Shot merupakan elemen awall dari suatu proses pembuatan sebuah film.

Nah! sobat zenza, jadi begitu ya. pada proses daftar di zenza ini, sobat baru di daftar memiliki profile kamu. Tujuannya supaya ketika mitra zenza meminta talent kepada kami untuk keperluan casting. Kami sudah siap memberikan data dan profile kamu kepada mereka. Jika dari profile kamu membuat pihak mereka tertarik untuk mengundang kamu casting, kamu telah siap untuk hadir di jadwal casting.

Lalu, jika dalam open casting itu kamu pas dan sesuai kriteria yang mereka cari, pastinya kamu akan mendapatkan projek-nya.

Dan… tentu selanjutnya kamu akan mulai kegiatan shooting dan selamat kamu sudah berhasil.

Yang perlu di ingat, puluhan dan mungkin juga ratusan calon yang berminat untuk sebuah casting, jadi tingkat persaingan juga akan ketat, hanya orang-orang yang memiliki keunggulan yang berpotensi di terima.

So. Pastikan kamu memiliki keunikan dan keunggulan, supaya kamu terpilih.

Klik Form Pendaftaran untuk memulai