5 Hal Yang Di Persiapkan Dalam Mengikuti Casting

5 Hal Yang Di Persiapkan Dalam Mengikuti Casting

Yuk intip apa saja tipsnya…Aktor dan aktris yang kita kenal sekarang ini, dahulunya mereka pernah mencicipi tahapan pemilihan aktor dan aktris. Tujuannya, untuk mendukung produksi film atau drama panggung, atau yang biasa disebut casting. Pemilihan aktor dan aktris (casting) disesuaikan dengan kebutuhan karakter peran berdasarkan tuntutan skenario (cerita). Casting menjadi prosedur standar yang harus dilakukan bilamana sebuah perusahaan film (rumah produksi) akan memproduksi film bioskop atau film televisi (sinetron).

Casting untuk keperluan produksi film atau sinetron biasanya dilaksanakan pada saat proses produksi dimulai. Tetapi adakalanya Production House (PH) seperti MD Ent*rtain*ent, Sine*art, So*aya Film, PT. Sta*visi*n, atau PT. Tri*ar M*ltiv*sion membuka casting setiap hari. Atau sekurang-kurangnya seminggu dua kali.

Casting dilakukan setelah ada penentuan skenario film yang akan di produksi. Produser, sutradara atau manajer casting akan menjelaskan sejumlah tokoh (peran) yang ada dalam skenario, untuk kemudian dicarikan pemerannya (aktor dan aktris) melalui proses casting. Tetapi, ada juga casting yang dilakukan tanpa menunggu penentuan scenario film yang akan diproduksi. Hal ini biasanya dilakukan untuk mencari stok pemain; persiapan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan peran yang mendadak.

Casting merupakan prosedur standar cara memilih actor dan aktris untuk membintangi sebuah produksi film. Sebagaimana halnya para pelamar di dunia kerja. Aktor dan aktris juga melewati proses seleksi dengan cara dites kemampuan dan wawasannya. Hanya teknis dan materi seleksinya berbeda. Di hari casting tiba, agan dan sista usahakan datang lebih awal dari waktu yang ditentukan. Datang lebih awal bisa membuat kesan positif di mata orang-orang yang akan menyeleksi kita.

Lantas apa saja yang perlu disiapkan sebelum casting? Berikut ulasannya.

  1. Pakaian rapi dan sopan
    Kenakan pakaian dan aksesoris pendukung sewajarnya. Tidak perlu mahal dan bagus, yang penting pantas, enak dilihat, dan cocok dengan tampilan fisikmu. Khusus untuk sista, gunakan make-up sewajarnya dan tidak terlalu menor. Dan untuk agan, pakainnya harus rapi dan sopan.
  2. Biodata diri
    Siapkan biodata pribadi selengkap mungkin. Seperti menulis nama lengkap, nama panggilan, umur, ukuran tinggi dan berat badan; ukuran bau, celana dan sepatu. Tulislah alamat tempat tinggal yang lengkap beserta nomor telepon rumah dan telepon hp. Cantumkan juga pada keterangan di biodata jika kamu punya prestasi dan pengalaman di bidang seni peran atau seni lainnya, karena bisa jadi prestasi dan pengalaman agan akan menjadi pertimbangan juru casting.
  3. Foto terbaikmu
    Siapkan beberapa foto terbaikmu semenarik mungkin dengan angle dan gaya yang berbeda-beda. Makin banyak foto yang kamu siapkan semakin bagus. Sehingga juru casting punya banyak pilihan. Stok foto tersebut juga dapat kamu manfaatkan untuk casting di beberapa rumah produksi yang lain.
  4. Tunjukkan kemampuanmu
    Kamu akan diberi naskah dengan adegan tertentu untuk dihapal, kemudian melakukan acting sesuai tuntutan naskah tersebut. Mungkin juga kamu diminta melakukan acting dengan cara improvisasi (spontan tanpa teks dialog). Sebelum itu, kamu juga akan diminta acting profil dengan menyebutkan biodata pribadi di depan kamera. Misalnya menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, umur, alamat dan sebagainya.
  5. Pelajari ilmu-ilmu acting
    Jauh lebih baik jika kamu memahami jurus-jurus acting, tau berbagai istilah acting, teknik sinematografi, dan industry broadcasting. Pengetahuan tersebut menjadi penting karena tidak menutup kemungkinan juru casting akan memberi instruksi dengan istilah-istilah asing dan belum pernah kamu dengar. Misalnya perintah Action! (memulai acting), Cut! (menyudahi acting), script/scenario (naskah), scene (adegan) dan istilah lainnya.

Siapkan mental sebaik mungkin dan bersikap tenang. Yakin akan kemampuan diri, kamu sudah mencoba. Sisanya serahkan pada yang Maha Pencipta. Karena setiap usaha harus dibarengi dengan doa dan berserah diri. Syukur-syukur kalau kamu diterima, kalau tidak. Ya terus mencoba di casting-casting pemain film berikutnya.

Mereka arungi dua dunia, antara peran & sandiwara, dengan karakter yang sebenarnya -Najwa Shihab-

By. Edy Karsito – Menjadi Bintang (Kiat Sukses Menjadi Artis Panggung, Film dan Televisi)

Zenza Cinema Kelas Akting : https://www.zenzacinema.com/classes/